Pengumuman ANUGERAH KIHAJAR 2020

 SIARAN PERS
Jum’at, 4 Desember 2020
Anugerah Kihajar 2020 untuk Penjaga Nyala Api Belajar
di Tengah Pandemi COVID-19

Jakarta, Kemendikbud – Konsep Merdeka Belajar yang digadang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim seakan diuji dengan adanya musibah Pandemi COVID-19 yang melanda dunia ini. Untuk menjamin berjalannya kebijakan Merdeka Belajar di tengah pandemi, Kemendikbud mengeluarkannya kebijakan-kebijakan strategis ditengah pandemi mulai dari Kurikulum darurat COVID 19, Program Belajar dari Rumah (BDR) yang berkerjasma dengan berbagai platform media pembelajaran dan TVRI serta adanya bantuan kuota data internet bagi seluruh pelajar, guru, mahasiswa dan dosen yang sudah terdistribusi lebih dari 65 juta penerima data kuota internet di seluruh Indonesia. Kebijakan diatas menunjukkan betapa pentingnya peran TIK di tengah Pandemi COVID-19 ini. Program ANUGERAH KIHAJAR, sebuah kegiatan yang merupakan inisiatif dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud sejak tahun 2006. Kegiatan ini diadakan dari tahun ke tahun telah mampu meningkatkan kompetensi TIK di kalangan siswa, guru, dan masyarakat pendidikan lainnya dari tahun ke tahun. Anugerah KIHAJAR yang terdiri dari kegiatan Kita Harus Belajar (KIHAJAR), Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) dan Membuat bahan TIK (MembaTIK) menjadi wadah bagi siswa, guru, dan masyarakat pendidikan dalam meningkatkan kompetensi TIK yang dikemas dengan model kompetisi yang telah melewati berbagai tahapan.

GEN KIHAJAR Ramaikan KIHAJAR 2020 Meski di tengah selama Pandemi COVID-19 ajang ini tetap diminati oleh para siswa, guru dan masyarakat pendikan bahkan tercatat terjadi peningkatan secara signifikan dari tahuntahun sebelumnya. Kegiatan Kita Harus Belajar (KIHAJAR) diikuti sebanyak 64. 555 siswa dari dalam maupun luar negeri dengan berbagai jenjang. KIHAJAR tahun 2020 hadir dengan 3 varian baru, dengan tujuan memperluas akses dan kesempatan peserta untuk berpartisipasi, mulai dari KIHAJAR STEM untuk para siswa, KIHAJAR TIK Talks sebuah webinar mengangkat isu permasalahan pendidikan daerah dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi Pendidikan, ahli pembelajaran dan juga pengembang teknologi pembelajaran di 10 Provinsi. Dan yang tak kalah ditunggu adalah KIHAJAR Explorer yang dikemas dalam edutainment yang mengajak GEN KIHAJAR dari berbagai jenjang memanfaatkan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi melalui Instagram tvedukasi_kemdikbud Dari tahapan yang dilakukan 301 GEN KIHAJAR dinyatakan lolos babak Final yang kemudian diseleksi kembali menjadi 10 terbaik dan 5 video terbaik dari masing-masing jenjang pendidikan.

MembaTIK di saat Pandemi COVID-19 Sementara ajang Membuat bahan TIK (MembaTIK) yang merupakan lomba membuat media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum diikuti sebanyak 392 peserta yang terdiri dari beberapa kategoi perlombaan seperti : 

● Video Pembelajaran 

● Multimedia Interaktif 

● Game Edukasi 

● Augmented Reality (AR) 

● Motion Grafik 

Membatik 2020 memiliki tema ”Merdeka Berkarya” dan rangkaian kegiatan setiap peserta mengirimkan karya sesuai kategori yang telah ditentukan oleh Panitia Pusdatin melalui laman Membatik 2020. Untuk mengenalkan Membatik diadakan kegiatan Webinar Orkes (Obrolan Sukses) yang merupakan sharing pengalaman dari para pemenang Membatik 2019 beserta para pakar Multimedia di Indonesia.

Proses seleksi karya dilakukan oleh tim pusdatin untuk mendapatkan 50 karya yang layak untuk masuk grandfinal. Setelah itu dilakukan penjurian karya secara daring oleh tim juri ahli untuk menentukan karya terbaik 1-3 masing-masing kategori. Jumlah pemenang sebanyak 15 orang dengan masing-masing kategori 3 orang pemenang. Guru PembaTIK Berbagi Nyalakan Api Belajar Tak kalah menarik ajang Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) yang melibatkan guru-guru dari mulai tingkatan jenjang TK/PAUD hingga SMA/SMK sederajat ini juga sangat meningkat. Sebanyak 70.312 peserta tercatat mendaftar di tahun ini, peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun 2019 yang hanya mencapai 28.624 peserta. Setelah melakukan rangkaian penugasan di 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi tercatat sebanyak 1.020 peserta yang berasal dari 34 provinsi dengan masingmasing 30 peserta pada tiap provinsi. Peserta yang lulus di level 4 yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO sudah mendapatkan gelar sebagai Sahabat Rumah Belajar (SRB). 

Para SRB kembali di seleksi dengan menyosialisasikan produk-produk Pusdatin Kemendikbud kepada rekan sejawat. Pemanfaatan Rumah Belajar, Tv Edukasi, dan Suara Edukasi disosialisasikan secara daring maupun tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. SRB berbagi di kala pandemi ini sukses menginspirasi rekan pendidik lainnya untuk tetap menjaga Nyala Api Belajar.Dari level 4, SRB dikerucutkan menjadi 5 besar pada tiap provinsi hingga terpilih 40 peserta yang layak menjadi Duta Rumah Belajar (DRB) 2020.

Kehadiran Duta Rumah Belajar juga sangat berperan besar menyukseskan kegiatan ini. Para DRB terus berusaha menghidupkan Nyala Api Belajar di kalangan siswa maupun pendidik di tengah Pandemi COVID-19. Program Belajar dari Rumah dengan memanfaatkan Rumah Belajar dinilai cukup berhasil hal ini ditandai dengan berhasilnya Rumah Belajar meraih penghargaan Indonesian Content Marketing Awards 2020 kategori Influencer.

Marketing Implementation dari Kompas Grup. Nadiem Makarim selaku Mendikbud juga turut mengapresiasi para DRB seperti disampaikan dalam Kuliah Umum Level 4 PembaTIK. “Pada kesempatan ini saya juga ingin mengapreasi Bapak dan Ibu guru Duta Rumah Belajar yang tanpa pamrih telah menjadi contoh di daerah masing-masing dalam melakukan inovasi pembelajaran. Kami segenap di jajaran Kemendikbud akan mendukung inisiatif dari Bapak Ibu semua,” Mas Menteri memberi apresiasi. 

Malam Puncak Anugerah KIHAJAR Tahun ini malam puncak ANUGERAH KIHAJAR yang dilaksanakan pada hari Jumat, 04 Desember 2020 bertempat di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB yang disaksikan para peserta secara daring. Malam memberikan penghargaan bagi para pemenang terpilih dari kegiatan Kita Harus Belajar (KIHAJAR), Membuat bahan TIK (MembaTIK) , dan Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) tahun 2020. Rangkaian acara telah disiapkan mulai dari parade Tari Nusantara dan tayangan video perjuangan para peserta yang mengikuti ajang ini dan juga kuis KIHAJAR EKSPLORE ikut memeriahkan. Acara ini juga dihadiri oleh Mas Menteri, Nadiem Makarim, Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im dan Plt. Kapusdatin, Hasan Chabibie serta para finalis dan tamu undangan.

Untuk menyaksikan malam puncak ANUGERAH KIHAJAR 2020 dapat disaksikan melalui Kanal Youtube Tv Edukasi dan Rumah Belajar. Malam puncak ini akan menjadi saksi jika Nyala Api Belajar tetap berkobar di seluruh negeri meski di tengah pandemi. Dari malam ini diharapkan menjadi awal terciptanya model pembelajaran baru yang mewujudkan konsep Merdeka Belajar yang melahirkan generasi berkompetensi di abad-21.

Narahubung: Marta (082226604144)

LAMPIRAN 

● ANUGERAH KIHAJAR 2020 Ajang memberikan penghargaan bagi para pemenang terpilih dari kegiatan Kita Harus Belajar (KIHAJAR), Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) dan Membuat bahan TIK (MembaTIK) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh PUSDATIN Kemdikbud. Pelaksanaan ANUGERAH KIHAJAR sudah dilaksanakan secara reguler setiap tahun sejak tahun 2006 dan telah menjadi kegiatan yang selalu dinantikan setiap siswa, guru dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Pelaksanaan ANUGERAH KIHAJAR tahun 2020 akan dilaksanakan pada hari Jumat, 04 Desember 2020 bertempat di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB. 

● KIHAJAR Persembahan Generasi KIHAJAR untuk Indonesia hadir dalam wujud pelaksanaan Kita Harus Belajar atau disebut KIHAJAR tahun 2020. Event tahunan yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2006 oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini bertransformasi untuk memacu kompetensi GEN KIHAJAR. Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) adalah mereka siswa-siswi yang telah turut serta dalam “Kita Harus Belajar”. Mengembangkan ketrampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 adalah tujuan utama dari pelaksanaan KIHAJAR tahun 2020. Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari – hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR . Generasi yang dikenal sebagai generasi Digital Native yaitu generasi yang dimana mereka yang sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan Internet. KIHAJAR hadir dengan 3 varian baru, dengan tujuan memperluas akses dan kesempatan peserta untuk berpartisipasi, KIHAJAR tahun 2020 terdiri dari: 

● KIHAJAR STEM o Wadah EKSPLORASI siswa dari seluruh jenjang melalui Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Sciences Technology Engineering Mathematic 

● KIHAJAR TIK Talks o Wujud apresiasi terhadap daerah terbanyak berpartisipasi dalam KIHAJAR STEM, sekaligus Optimalisasi Penggunaan Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Kegiatan ini juga mengangkat isu permasalahan Pendidikan daerah, yang akan dibahas dalam bentuk seminar secara daring, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi Pendidikan, ahli pembelajaran dan juga pengembang teknologi pembelajaran di 10 Provinsi..

 ● KIHAJAR Explorer o Merupakan Wadah eksplorasi siswa dari berbagai jenjang memanfaatkan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi melalui Instagram tvedukasi_kemdikbud.

● KIHAJAR STEM Tujuan 1. Meningkatkan kemampuan literasi sains, teknologi dan matematika peserta didik. 2. Memotivasi peserta didik dan pendidik untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. 3. Menumbuhkan kemandirian dan Kejujuran peserta didik dalam memanfaatkan dan mengembangkan TIK untuk pendidikan sebagi wujud dari Pelajar Pancasila. Target Peserta : Peserta didik jenjang Sekolah Dasar, Menengah, Atas dan Kejuruan dan setingkatnya di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah Pendaftar: 64. 555 siswa 

● Dalam Negeri 63.635 Siswa 

● Sekolah Indonesia Luar Negeri 920 Siswa

Waktu Pelaksanaan: 23 Juli s.d. 12 Oktober 2020

Daftar Pemenang Unduh:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.